SILABUS
Nama
Sekolah : SMK
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Program
: XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN
Semester : Ganjil
Standar
Kompetensi : 7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas
trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(TM)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menentukan dan menggunakan nilai
perbandingan trigonometri suatu sudut
7.2 Mengonversi
koordinat
Cartesius dan
kutub
|
-
Ukuran sudut.
-
Perbandingan
trigonometri
dalam segitiga
siku – siku
(sinus, cosinus,
tangen, cosecan,
secan, dan
cotangen pada
segitiga siku-siku)
-Perbandingan
trigonometri
sudut - sudut
istimewa
-Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelasi
Perbandingan
trigonometri
pada segitiga
siku-siku.
-
Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
istimewa.
-
Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelas
Koordinat kutub
(polar).
Koordinat kutub
(polar).
|
-Menjelaskan hubungan
antara derajat dan radian.
-Menghitung perbandingan
sisi - sisi segitiga siku-siku
yang sudutnya tetap tetapi
panjang sisinya berbeda.
-Mengidentifikasi
pengertian perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku.
-Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
suatu sudut
pada
segitiga siku – siku
-Menyelidiki nilai
perbandingan trigonometri dari sudut
istimewa.
-Menggunakan nilai perbandingan trigonometri
dari sudut istimewa
dalam menyelesaikan soal
-Melakukan perhitungan
nilai perbandingan
trigonometri pada bidang
Cartesius.
-
Menyelidiki hubungan
antara perbandingan
trigonometri dari sudut di
berbagai kuadran (kuadran
I, II, III, IV).
-
Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
dari sudut di berbagai kuadran.
Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku, perbandingan
trigonometri sudut-sudut
istimewa, dan
perbandingan trigonometri
sudut-sudut berelasi.
- Menjelaskan pengertian
koordinat kutub.
- Memahami langkah -langkah menentukan
koordinat kutub suatu
titik.
-
Mengidentifikasi
hubungan antara
koordinat kutub dan
koordinat Cartesius
Melakukan kuis berisi
materi koordinat kutub
(polar)
|
-Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
pada
segitiga siku –siku
-Menentukan nilai perbandingan trogonometri pada
sudut istimewa
-Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
dari sudut istimewa.
Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
(sinus, cosinus,
dan tangen) dari
sudut di semua
kuadran
Mengerjakan soal
dengan baik
berkaitan dengan
materi mengenai
perbandingan
trigonometri pada
segitiga siku-siku,
perbandingan
trigonometri
sudut -sudut
istimewa, dan
perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelasi
Mengubah
koordinat kutub
ke koordinat
Cartesius, dan
sebaliknya
Mengerjakan soal
dengan baik
mengenai
koordinat kutub polar
|
Diskusi kelompok
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Ulangan
harian.
Tugas individu
Kuis
|
Uraian singkat
Uraian singkat
Uraian singkat
Uraian singkat
Uraian singkat
Uraian
obyektif
Uraian
singkat.
Uraian
obyektif.
|
1.Ubahlah sudut berikut dalm bentuk radian:
a. 15o
b. 180o
c. 315o
2.Ubahlah sudut berikut dalm bentuk derajat:
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
3.Diketahui segitiga siku – siku ABC,
sisi AB = 24cm dan BC = 7cm. Tentukan
nilai sin, cos, tan, csc, sec, dan cot !
-
Hitunglah nilai dari
sin 30o + cos 90o
- tan 45o
-
Hitunglah nilai berikut.
a. sin 120o + cos 210o
- tan 225o
b.
![]()
1.Ubahalah titik titik berikut kedalam
koordinat kutub :
a.A(
![]()
b.B(
![]() ![]()
c.C(-3, 3
![]()
2.Gambar titik berikut kedalam
koordinat kartesius:
a.A(2,30o)
b.B(4,120o)
c.C(8,
![]()
-
Sebuah pesawat terbang lepas
landas ke arah timur bandara
dengan arah
75o
dan kecepatan
200 km/jam. Setelah 1 jam
tentukan:
a. jarak pesawat dari arah timur
bandara,
b. jarak pesawat dari arah barat
bandara.
|
1 x 45 menit
1 x 45 menit
2 x 45 menit
2x45 menit
1 x 45 menit
1 x 45 menit
|
Sumber:
-
Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-
Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
Sumber:
-
Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-
Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
Sumber:
-
Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-
Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
Sumber:
-
Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-
Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
|
Silabus
Nama Sekolah :
SMK …..
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas / Program : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN
Semester :
GANJIL / 1
Standar
Kompetensi :7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas
trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar
|
Materi ajar
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indickator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (TM)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||
Teknik
|
Bentuk instrument
|
Contoh instrumen
|
|||||||
7.3 Menerapkan aturan sinus dan cosinus.
|
- Aturan sinus.
- Aturan cosinus.
|
- Mengidentifikasi permasalahan dalam
perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
- Merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus.
- Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus
untuk menyelesaikan soal perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
|
- Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus
dalam penyelesaian soal.
|
Tugas individu,
tugas kelompok
|
Uraian singkat.
Uraian obyektif.
|
1.
Pada ∆ABC diketahui, a=8 cm, b=6,2 cm dan
![]() ![]()
2.
Pada ∆KLM diketahui l=6, m=4 dan
![]()
a.
panjang sisi k,
b.
besar sudut L,
c.
besar sudut M.
|
8
|
|
|
7.4 Menentukan luas suatu segitiga.
|
- Luas segitiga.
|
- Mengidentifikasi permasalahan dalam
perhitungan luas segitiga.
- Menggunakan rumus luas segitiga untuk
menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus luas segitiga dalam
penyelesaian soal.
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Luas segitiga sama kaki adalah 8 cm2.
Panjang kedua sisi yang sama adalah 4,2 cm. Tentukan panjang sisi segitiga
yang lain.
|
4
|
Sumber:
- Buku paket hal. 19-21.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Aturan sinus.
- Aturan cosinus.
- Luas segitiga.
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang
berkaitan dengan aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan
dengan materi aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian
obyekti
|
1. Pada ∆ABC, diketahui
AC =10,
![]() ![]()
Panjang BC adalah……
a.
10√2
b.
5√6
c.
5√2
d.
2,5√6
e.
2,5√2
2.
Hitung luas segi banyak berikut.
a)
Segi lima beraturan dengan r=10 cm.
b.
Segi enam beraturan dengan r=12 cm.
c.
Segi delapan beraturan dengan r=6 cm.
|
2
|
|||
7.5 Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan
selisih dua sudut.
|
- Rumus
![]() |
- Menggunakan rumus cosinus jumlah dan
selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus cosinus jumlah dan
selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Hitunglah
nilai dari .
![]() |
3
|
Sumber:
- Buku paket hal. 22.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Rumus
![]() |
- Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih
dua sudut untuk menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih
dua sudut dalam pemecahan masalah.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Hitunglah nilai dari . sin 165°
|
3
|
Sumber:
- Buku paket hal. 22.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
||
- Rumus
![]() |
- Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih
dua sudut untuk menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih
dua sudut dalam pemecahan masalah.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Hitunglah nilai dari . tan 15°
|
3
|
Sumber:
- Buku paket hal. 22-23.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
||
- Rumus sudut rangkap.
- Rumus sudut tengahan.
|
- Menggunakan rumus sudut rangkap untuk
menyelesaikan soal.
- Menggunakan rumus trigonometri sudut
tengahan untuk menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus sudut rangkap.
- Menggunakan rumus sudut tengahan.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian obyektif.
|
- Buktikan:
a.
![]()
b.
![]() |
3
|
Sumber:
- Buku paket hal.25-29.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
||
- Rumus
![]()
- Rumus
![]()
- Rumus
![]()
- Rumus sudut
rangkap.
- Rumus sudut
tengahan.
|
- Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan rumus
![]() ![]() ![]()
Dan juga untuk
sudut rangkap dan sudut
tengahan.
|
- Mengerjakan soal
dengan baik
berkaitan dengan
materi mengenai
rumus
![]() ![]() ![]()
Dan juga untuk
sudut rangkap dan sudut
tengahan.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif
|
1.
Nilai dari
![]()
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]()
2.
Hitunglah nilai dari …
![]() |
2
|
|||
7.6 Menyelesai-kan persamaan trigonometri.
|
- Identitas trigonometri.
|
- Menggunakan identitas trigonometri untuk
menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan identitas trigonometri dalam
membantu pemecahan masalah.
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Buktikan:
![]() |
2
|
Sumber:
- Buku paket hal.30-32.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Himpunan penyelesaian persamaan . sin x = a
|
- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai
sinusnya diketahui.
- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
|
Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
sin x = a
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan penyelesaian dari persamaan
![]() |
2
|
Sumber:
- Buku paket hal.32-33.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
||
- Himpunan penyelesaian persamaan . cos x=a
|
- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai
cosinusnya diketahui.
- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
|
Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
cos x = a .
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan penyelesaian dari persamaan .
![]() |
2
|
Sumber:
- Buku paket hal.34.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
||
- Himpunan penyelesaian persamaan . tan x =a
|
- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai
tangennya diketahui.
- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
|
- Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
tan x = a .
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Tentukan nilai x yang memenuhi
persamaan .
![]() |
2
|
Sumber:
- Buku paket hal.34-35.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
||
- Identitas trigonometri.
- Himpunan
penyelesaian
persamaan
sin x = a .
- Himpunan
penyelesaian
persamaan
cos x = a .
- Himpunan
penyelesaian
persamaan
tan x = a .
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan identitas
trigonometri, himpunanpenyelesaian
persamaan
sin x = a , cos x = a ,
dan tan x = a .
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai
identitas
trigonometri,
himpunan
penyelesaian
persamaan
sin x = a ,
cos x a ,
dan
tan x a .
|
Ulangan harian.
|
Pilihan
ganda.
Uraian
obyektif.
|
1. Jika ,√3 sin x=cos x, maka adalah ….
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]() |
2
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
(………………………………)
NIP.
|
Bukittingi, ……………………
Guru Mata Pelajaran
(………………………………..)
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar