Sabtu, 19 Januari 2013

SILABUS

*mungkin ini hanya sebagian, untuk lebih lengkapnya silahkan download disini

SILABUS
Nama Sekolah    : SMK
Mata Pelajaran   : Matematika
Kelas/Program    : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN

Semester             : Ganjil


Standar Kompetensi : 7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(TM)
Sumber/
Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1 Menentukan             dan menggunakan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut


























































































7.2 Mengonversi
koordinat
Cartesius dan
kutub


-  Ukuran sudut.

-  Perbandingan
trigonometri
dalam segitiga
siku – siku
(sinus, cosinus,
tangen, cosecan,
secan, dan
cotangen pada
segitiga siku-siku)
















-Perbandingan
trigonometri
sudut - sudut
istimewa



















-Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelasi



















Perbandingan
trigonometri
pada segitiga
siku-siku.
-  Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
istimewa.
-  Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelas











Koordinat kutub
(polar).






















Koordinat kutub
(polar).















-Menjelaskan hubungan
antara derajat dan radian.
-Menghitung perbandingan
sisi - sisi segitiga siku-siku
yang sudutnya tetap tetapi
panjang sisinya berbeda.
-Mengidentifikasi
pengertian perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku.
-Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
suatu sudut
pada
segitiga siku – siku




-Menyelidiki nilai
perbandingan trigonometri dari sudut istimewa.
-Menggunakan nilai perbandingan trigonometri
dari sudut istimewa
dalam menyelesaikan soal











-Melakukan perhitungan
nilai perbandingan
trigonometri pada bidang
Cartesius.
-  Menyelidiki hubungan
antara perbandingan
trigonometri dari sudut di
berbagai kuadran (kuadran
I, II, III, IV).
-  Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
dari sudut di berbagai  kuadran.


Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku, perbandingan
trigonometri sudut-sudut
istimewa, dan
perbandingan trigonometri
sudut-sudut berelasi.






- Menjelaskan pengertian
koordinat kutub.
- Memahami langkah -langkah menentukan
koordinat kutub suatu
titik.
-  Mengidentifikasi
hubungan antara
koordinat kutub dan
koordinat Cartesius









Melakukan kuis berisi
materi koordinat kutub
(polar)
-Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
pada
segitiga siku –siku
-Menentukan nilai perbandingan trogonometri pada sudut istimewa















-Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
dari sudut istimewa.

















Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
(sinus, cosinus,
dan tangen) dari
sudut di semua
kuadran












Mengerjakan soal
dengan baik
berkaitan dengan
materi mengenai
perbandingan
trigonometri pada
segitiga siku-siku,
perbandingan
trigonometri
sudut -sudut
istimewa, dan
perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelasi


Mengubah
koordinat kutub
ke koordinat
Cartesius, dan
sebaliknya

















Mengerjakan soal
dengan baik
mengenai
koordinat kutub polar
Diskusi kelompok

























Tugas kelompok




















Tugas kelompok




















Ulangan
harian.




















Tugas individu





















Kuis
Uraian singkat




Uraian singkat






Uraian singkat












Uraian singkat





















Uraian singkat





















Uraian
obyektif





















Uraian
singkat.






















Uraian
obyektif.
1.Ubahlah  sudut berikut dalm bentuk radian:
a. 15o
b. 180o
c. 315o
2.Ubahlah  sudut berikut dalm bentuk derajat:
a.
b.
c.
3.Diketahui segitiga siku – siku ABC, sisi AB = 24cm dan BC = 7cm. Tentukan  nilai sin, cos, tan, csc, sec, dan cot !









-  Hitunglah nilai dari
sin 30o + cos 90o - tan 45o




















-  Hitunglah nilai berikut.

a. sin 120o + cos 210o - tan 225o
b.







































1.Ubahalah titik titik berikut kedalam koordinat kutub :
a.A(, 1)
b.B(, -
c.C(-3, 3)



2.Gambar titik berikut kedalam koordinat kartesius:
a.A(2,30o)
b.B(4,120o)
c.C(8, )








-   Sebuah pesawat terbang lepas
landas ke arah timur bandara
dengan arah
75o
dan kecepatan
200 km/jam. Setelah 1 jam
tentukan:
a. jarak pesawat dari arah timur
bandara,
b. jarak pesawat dari arah barat
bandara.


1 x 45 menit


























1 x 45 menit





















2 x 45 menit





















2x45 menit





















1 x 45 menit






















1 x 45 menit



Sumber:
-    Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-    Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol






Sumber:
-    Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-    Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol

Sumber:
-    Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-    Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
























Sumber:
-    Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-    Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol


Silabus

Nama Sekolah             : SMK …..
Mata Pelajaran            : MATEMATIKA
Kelas / Program           : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN
Semester                      : GANJIL / 1
Standar Kompetensi :7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.

Kompetensi dasar
Materi ajar
Kegiatan pembelajaran
Indickator
Penilaian
Alokasi waktu (TM)
Sumber/ Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrumen
7.3 Menerapkan aturan sinus dan cosinus.

- Aturan sinus.

- Aturan cosinus.
- Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.

- Merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus.

- Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus untuk menyelesaikan soal perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
- Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus dalam penyelesaian soal.

Tugas individu,


tugas kelompok

Uraian singkat.

Uraian obyektif.
1.      Pada ∆ABC diketahui, a=8 cm, b=6,2 cm dan . Tentukan dan panjang sisi c !
2.      Pada ∆KLM diketahui l=6, m=4 dan . Tentukan
a. panjang sisi k,
b. besar sudut L,
c. besar sudut M.
8
Sumber:
- Buku paket hal. 15-19.
- Buku referensi
lain

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
7.4 Menentukan luas suatu segitiga.

- Luas segitiga.

- Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan luas segitiga.

- Menggunakan rumus luas segitiga untuk menyelesaikan soal.
- Menggunakan rumus luas segitiga dalam penyelesaian soal.

Tugas individu.

Uraian obyektif.


- Luas segitiga sama kaki adalah 8 cm2. Panjang kedua sisi yang sama adalah 4,2 cm. Tentukan panjang sisi segitiga yang lain.

4
Sumber:
- Buku paket hal. 19-21.
- Buku referensi lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP


- Aturan sinus.

- Aturan cosinus.

- Luas segitiga.
- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.

- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.

Ulangan harian.


Pilihan ganda.

Uraian


obyekti
1. Pada ∆ABC, diketahui
AC =10, B=45 , dan A=30
Panjang BC adalah……
a.       10√2
b.      5√6
c.       5√2
d.      2,5√6
e.       2,5√2

2. Hitung luas segi banyak berikut.
a) Segi lima beraturan   dengan r=10 cm.
b. Segi enam beraturan dengan r=12 cm.
c. Segi delapan beraturan dengan r=6 cm.

2

7.5 Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.

- Rumus

- Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.


- Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.

Tugas individu.



Uraian singkat.

- Hitunglah nilai dari .

3
Sumber:
- Buku paket hal. 22.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Rumus

- Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.

- Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.

Tugas individu.

Uraian singkat.

- Hitunglah nilai dari . sin 165°

3
Sumber:
- Buku paket hal. 22.
- Buku referensi lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Rumus

- Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.

- Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.

Tugas individu.

Uraian singkat.

- Hitunglah nilai dari . tan 15°

3
Sumber:
- Buku paket hal. 22-23.
- Buku referensi lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Rumus sudut rangkap.

- Rumus sudut tengahan.
- Menggunakan rumus sudut rangkap untuk menyelesaikan soal.

- Menggunakan rumus trigonometri sudut tengahan untuk menyelesaikan soal.
- Menggunakan rumus sudut rangkap.

- Menggunakan rumus sudut tengahan.
Tugas kelompok.


Uraian obyektif.

- Buktikan:
a.      
b.     


3
Sumber:
- Buku paket hal.25-29.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP


- Rumus

- Rumus

- Rumus

- Rumus sudut
rangkap.

- Rumus sudut
tengahan.
- Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan rumus
Dan juga untuk
sudut rangkap dan sudut
tengahan.
- Mengerjakan soal
dengan baik
berkaitan dengan
materi mengenai
rumus
Dan juga untuk
sudut rangkap dan sudut
tengahan.
Ulangan harian.

Pilihan ganda.



Uraian obyektif


1.      Nilai dari
a.      
b.     
c.      
d.     
e.      

2.      Hitunglah nilai dari …
 

2

7.6 Menyelesai-kan persamaan trigonometri.
- Identitas trigonometri.

- Menggunakan identitas trigonometri untuk menyelesaikan soal.

- Menggunakan identitas trigonometri dalam membantu pemecahan masalah.

Tugas individu.

Uraian obyektif.

- Buktikan:
2
Sumber:
- Buku paket hal.30-32.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Himpunan penyelesaian persamaan . sin x = a
- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai sinusnya diketahui.

- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
sin x = a
Tugas individu.

Uraian singkat.

- Tentukan penyelesaian dari persamaan 
2
Sumber:
- Buku paket hal.32-33.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Himpunan penyelesaian persamaan . cos x=a

- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai cosinusnya diketahui.

- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
cos x = a .
Tugas individu.

Uraian singkat.

- Tentukan penyelesaian dari persamaan .
2
Sumber:
- Buku paket hal.34.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Himpunan penyelesaian persamaan . tan x =a

- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai tangennya diketahui.

- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.

- Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
tan x = a .

Tugas individu.

Uraian obyektif.

- Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan .
2
Sumber:
- Buku paket hal.34-35.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Identitas trigonometri.

- Himpunan
penyelesaian
persamaan
sin x = a .

- Himpunan
penyelesaian
persamaan
cos x = a .

- Himpunan
penyelesaian
persamaan
tan x = a .

- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan identitas trigonometri, himpunanpenyelesaian  persamaan
sin x = a , cos x = a ,
dan tan x = a .

- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai
identitas
trigonometri,
himpunan
penyelesaian
persamaan
sin x = a ,
cos x  a , dan
tan x  a .

Ulangan harian.

Pilihan
ganda.



Uraian
obyektif.
1. Jika ,√3 sin x=cos x, maka adalah ….
a.
b.
c.
d.
e.
2






Mengetahui
Kepala Sekolah





(………………………………)
NIP.

Bukittingi,  ……………………


Guru Mata Pelajaran






(………………………………..)
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar