Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
I.
IDENTITAS
Satuan pendidikan : sekolah
Menengah Kejuruan
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas / program semester :XI/
program keahlian teknologi, kesehatan,
pertanian / 1
Jumlah pertemuan :4
pertemuan (10 x 45’)
A.
Standar kompetensi
1. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi
kuadrat.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.Menerapkan konsep fungsi kuadrat.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1. Menentukan
persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur- unsurnya .
1.1.2. Menggunakan
fungsi kuadrat dalam pemecahan masalah.
D.
Tujuan pembelajaran
Ø Kognitif
: setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat:
·
Peserta didik dapat menentukan persamaan fungsi kuadrat jikas
diketahui grafik atau unsure-unsurnya.
·
Peserta didik dapat menggunakan fungsi
kuadrat dalam pemecahan masalah.
Ø Afektif
·
Kesungguhan dalam mengikuti proses
pembelajaran
·
Kerja sama dalam kelompok
·
Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu mengumpulkan tugas
E.
Metode pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD
II.
MATERI
AJAR
A. Konsep
·
Persamaan fungsi kuadrat f (x) = ax2 +bx+c apabila diketahui grafik fungsi melalui tiga
titik.
·
Fungsi kuadrat f (x) = ax2 +bx +c apabila diketahui dua titik potong
terhadap sumbu X dan satu titik lainnya.
Ditentukan dengan rumus:
f(x)
=a( x – x1)(x – x2)
·
Fungsi kuadrat f(x) = ax2 + bx +c apabila diketahui titik puncak grafik
(xp, yp )dan satu titik lainnya. Ditentukan dengan rumus:
f(x)
= a(x – xp)2 +yp
B. FAKTA
1. Tentukan
fungsi kuadrat yang melalui titik (1, -4 ), (0, -3), dan (4, 5).
Jawab:
f(x)
= ax2 + bx +c
f(1)
= a(1)2+ b(1) + c = -4 subsitusikan
x = 1 dan f(x)= y = -4
= a +b +c = -4 . . . (1)
f(0)
= a(0)2+ b(0) + c = -3
= 0 + 0 +c = -3
C=-3 . . .(2)
f(4)
= a(4)2 +b (4) +c = 5
= 16a+ 4b +c = 5 . . . (3)
Subsitusikan (2) ke (1).
a
+ b – 3 = -4
<=>
a + b = -1 . . . (4)
subsitusikan (2) ke(3).
16a
+ 4b – 3 = -4
16a + 4b =8 . . . (5)
Dari (4) dan (5)
diperoleh : 16a + 4b = 8



-12a
= -12
a = 1
subsitusikan a = 1 ke (4)
1 +b =-1
b =-2
jadi, fungsi kuadratnya
adalah f(x) = x2 – 2x – 3.
III.
KEGITAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua (6x 45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||
Kegiatan awal
1. Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2. Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
3. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta
pendidik
4. Apersepsi
Pendidik
mengingatkan kembali tentang fungsi kuadrat dan grafiknya.
5. Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
6.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh
(Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe
STAD)
Kegiatan inti
1.
Eksplorasi
·
Pendidik memberikan stimulus
berupa materi mengenai penentuan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui
grafik atau unsur – unsurnya
·
Pendidik membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang masing- masing kelompoknya terdiri dari 4
sampai dengan 5 peserta didik yang kemampuannya akademiknya terdiri dari yang
berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
·
Pendidik membagikan bahan-bahan
diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap
kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk
didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam
kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu
siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam
kelompok belajar.
2.
Elaborasi
·
Pendidik meminta salah satu
kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan
kelas hasil diskusi cara menentukan
persamaan fungsi kuadrat jika
diketahui grafik atau unsur – unsurnya.
3.
Konfirmasi
· Pendidik
mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang
ditampilkan peserta didik di depan kelas.
·
Pendidik memberikan penguatan
atau pembenaran hasil diskusi dari
materi tentang menentukan persamaan
fungsi kuadrat jika diketahui grafik
atau unsur – unsurnya yang telah dikerjakan peserta didik didepan kelas.
4.
Penutup
·
Pendidik memberikan ringkasan
dari materi tentang menentukan
persamaan fungsi kuadrat jika
diketahui grafik atau unsur – unsurnya.
·
Pendidik memberikan beberapa soal
untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
|
Kegiatan awal
1.
Peserta didik berdo’a (Religius
2.
Peserta didik memberikan respon
terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh pendidik
4.
Apersepsi
Peserta didik
mengingat kembali pelajaran tentang fungsi kuadrat dan grafiknya.
5.
Motivasi
Peserta didik
mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
6.
Peserta didik mendengarkan
informasi yang diberikan pendidik.
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
·
Peserta didik merespon stimulus
dari pendidik yang berupa materi mengenai penentuan persamaan fungsi kuadrat
jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya
·
Peserta didik duduk sesuai
kelompok yang dibentuk oleh peserta didik
·
Peserta didik menerima bahan
diskusi yang diberikan oleh pendidik,
dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.
2. Elaborasi
·
Salah satu kelompok peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil
diskusi tentang cara menentukan
persamaan fungsi kuadrat jika
diketahui grafik atau unsur – unsurnya.
3. Konfirmasi
·
Peserta didik dan pendidik secara bersama – sama membahas
hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik .
·
Peserta didik mendengarkan penguatan
atau pembenaran yang dijelaskan
pendidik .
4.
·
Peserta didik mendengarkan
ringkasan yang diberikan pendidik
tentang materi menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur –
unsurnya.
·
Peserta didik menulis soal yang
diberikan pendidik untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
|
15
menit
100 menit
|
Pertemuan ketiga (2x45’)
Kegiatan
|
waktu
|
||||||
Pendidik
|
Peserta didik
|
||||||
Kegiatan awal
1.
Pendidik mengarahkan peserta
didik untuk berdo’a (Religius)
2.
Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik (Kepedulian Sosial)
3.
Pendidik
melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang
dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik
4.
Apersepsi
Pendidik
mengingatkan kembali tentang fungsi kuadrat dan grafiknya.
5. Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
6.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh
(Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe
STAD)
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
·
Pendidik memberikan stimulus
berupa materi mengenai penentuan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui
grafik atau unsur – unsurnya
·
Pendidik membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang masing- masing kelompoknya terdiri dari 4
sampai dengan 5 peserta didik yang kemampuannya akademiknya terdiri dari yang
berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
·
Pendidik membagikan bahan-bahan
diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap
kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk
didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam
kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu
siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam
kelompok belajar.
2. Elaborasi
·
Pendidik meminta salah satu
kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan
kelas hasil diskusi cara menentukan
persamaan fungsi kuadrat jika
diketahui grafik atau unsur – unsurnya.
3. Konfirmasi
· Pendidik
mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang
ditampilkan peserta didik di depan kelas.
·
Pendidik memberikan penguatan
atau pembenaran hasil diskusi dari
materi tentang menentukan persamaan
fungsi kuadrat jika diketahui grafik
atau unsur – unsurnya yang telah dikerjakan peserta didik didepan kelas.
4. Penutup
·
Pendidik memberikan ringkasan
dari materi tentang menentukan
persamaan fungsi kuadrat jika
diketahui grafik atau unsur – unsurnya.
·
Pendidik memberikan beberapa soal
untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
|
Kegiatan awal
1. Peserta
didik berdo’a (Religius
2. Peserta
didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
4. Apersepsi
Peserta didik
mengingat kembali pelajaran tentang fungsi kuadrat dan grafiknya.
5. Motivasi
Peserta didik
mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
6. Peserta
didik mendengarkan informasi yang diberikan pendidik.
7.
1. Eksplorasi
·
Peserta didik merespon stimulus
dari pendidik yang berupa materi mengenai penentuan persamaan fungsi kuadrat
jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya
·
Peserta didik duduk sesuai
kelompok yang dibentuk oleh peserta didik
·
Peserta didik menerima bahan
diskusi yang diberikan oleh pendidik,
dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.
2. Elaborasi
·
Salah satu kelompok peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil
diskusi tentang cara menentukan
persamaan fungsi kuadrat jika diketahui
grafik atau unsur – unsurnya.
3. Konfirmasi
·
Peserta didik dan pendidik secara bersama – sama membahas
hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik .
·
Peserta didik mendengarkan
penguatan atau pembenaran yang
dijelaskan pendidik .
4.
·
Peserta didik mendengarkan
ringkasan yang diberikan pendidik
tentang materi menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur –
unsurnya.
·
Peserta didik menulis soal yang
diberikan pendidik untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
|
10
menit
|
Pertemuan ke empat (2x45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||||||
Kegiatan awal
1.
Pendidik mengarahkan peserta
didik untuk berdo’a (Religius)
2.
Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik (Kepedulian Sosial
3. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta
pendidik
4.
Apersepsi
Pendidik
mengingatkan kembali mengenai cara
menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsurnya
dan penerapan fungsi kuadrat.
5.
Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
Kegiatan inti
·
Pendidik memberikan review materi tentang cara
menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsurnya
dan penerapan fungsi kuadrat., kemudian diadakan sesi tanya jawab tentang
soal-soal yang belum dimengerti.
·
Pendidik meminta peserta didik untuk menyiapkan
kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan
diberikan ulangan.
·
Pendidik memberikan lembar soal.
·
Pendidik mengingatkan mengenai
waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengingatkan untuk mengerjakannya dengan
baik.
·
Guru mengumpulkan kertas ulangan
jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Penutup
Pendidik
mengingatkan peserta didik untuk
mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang fungsi eksponen.
|
Kegiatan awal
1. Peserta
didik berdo’a (Religius
2. Peserta
didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
4. Apersepsi
Peserta didik Mengingat kembali
mengenai cara menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau
unsur-unsurnya dan penerapan fungsi kuadrat.
5. Motivasi
Peserta didik
mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
Kegiatan inti
·
Peserta didik menerima review
materi tentang cara menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik
atau unsur-unsurnya dan penerapan fungsi kuadrat., kemudian diadakan sesi
tanya jawab tentang soal-soal yang belum dimengerti.
·
Peserta didik menyiapkan kertas
kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan
mendapatkan ulangan.
·
Peserta didik menerima lembar soal.
·
Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik tentang
waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengerjakannya dengan baik.
·
Peserta didik mengumpulkan kertas
ulangan jika pengerjaan ulangan telaha selasai.
Penutup
Peserta
didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu eksponen.
|
10 menit
|
IV.
SUMBER
/ BAHAN PEMBELAJARAN
a. Sumber
:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika
Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal
63-66.
·
Buku referensi lain
b. Alat
dan bahan
- Laptop
- LCD
- OHP
V.
EVALUASI
Teknik :
ulangan harian
Bentuk instrument :pilihan ganda, uraian obyektif
Contoh instrument :
1. (1) Terbuka ke atas.
(2) Simetri terhadap sumbu Y.
(3) Memotong sumbu X di dua titik.
(4) Melalui titik O.
Pernyataan di atas yang sesuai untuk grafik fungsi y = 2x2 - 2 adalah
....
a. (1),
(2), dan (3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
e. semua benar
2. Jika selisih dua bilangan adalah 10 dan hasil kalinya
minimum, tentukanlah bilangan- bilangan tersebut!
Mengetahui, Bukittinggi, 2 januari
2013
kepala sekolah pendidik mata pelajaran

NIP NIP
Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
VI.
IDENTITAS
Satuan pendidikan : sekolah Menengah Kejuruan
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas / program semester :
XI/ program keahlian teknologi kesehatan,
pertanian / 1
Jumlah pertemuan :
3 pertemuan (7x 45’)
F.
Standar kompetensi
1. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi
kuadrat.
G.
Kompetensi Dasar
1.1.Menerapkan
konsep fungsi eksponen.
H.
Indikator Pencapaian kompetensi
1.1.1. Menggambar
grafik fungsi eksponen.
1.1.2. Menggunakan
fungsi eksponen dalam pemecahan masalah.
I.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Kognitif
: setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat:
·
Peserta didik dapat menggambar grafik fungsi eksponen.
·
Peserta didik dapat Menggunakan fungsi
eksponen dalam pemecahan masalah.
Ø Afektif
·
Kesungguhan dalam mengikuti proses
pembelajaran
·
Kerja sama dalam kelompok
·
Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu mengumpulkan tugas
VII.
MATERI
AJAR
A. KONSEP
·
F(x)=
ax dinamakan fungsi eksponen dengan
bilangan pokok a dan daerah asal Q.
·
grafik fungsi ekspnen y= ax .
B. FAKTA
1. Gambarlah
grafik fungsi eksponen berikut:
a. f(x)= 2x
VIII.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan petama dan kedua (5x45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||||
Kegiatan awal
7. Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
8. Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
9. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta
pendidik.
10. Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
11.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh
(Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe
STAD)
KEGIATAN
INTI
5.
Eksplorasi
·
Pendidik memberikan stimulus
berupa materi mengenai fungsi eksponen.
·
Pendidik membagikan bahan-bahan
diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap
kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk
didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam
kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu
siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam
kelompok belajar.
6.
Elaborasi
·
Pendidik meminta salah satu
kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan
kelas hasil diskusi tentang materi
mengenai fungsi eksponen.
7. Konfirmasi
· Pendidik
mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang
ditampilkan peserta didik di depan kelas.
·
Pendidik memberikan penguatan
atau pembenaran hasil diskusi dari
materi diskusi tentang materi mengenai
fungsi eksponen yang telah dikerjakan peserta didik didepan kelas.
8. Penutup
·
Pendidik memberikan ringkasan
dari materi tentang fungsi eksponen.
|
Kegiatan awal
7.
Peserta didik berdo’a (Religius)
8.
Peserta didik memberikan respon
terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
9.
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh pendidik
10.
Motivasi
Peserta didik
mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
11.
Peserta didik mendengarkan
informasi yang diberikan pendidik.
1. Eksplorasi
·
peserta didik merespon stimulus dari pendidik tentang
materi mengenai fungsi eksponen.
·
Peserta didik menerima bahan
diskusi yang diberikan oleh pendidik,
dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.
2. Elaborasi
·
Salah satu kelompok peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil
diskusi tentang materi mengenai fungsi eksponen.
3.
Konfimasi
·
Peserta didik dan pendidik secara bersama – sama membahas
hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik
·
Peserta didik mendengarkan
penguatan atau pembenaran yang
dijelaskan pendidik.
4.
·
Peserta didik mendengarkan
ringkasan yang diberikan pendidik
tentang fungsi eksponen
|
2x 15 menit
|
Pertemuan ketiga ( 2x45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||||
Kegiatan awal
1.
Pendidik mengarahkan peserta
didik untuk berdo’a (Religius)
2.
Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik (Kepedulian Sosial
3.
Pendidik
melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang
dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik.
4.
Apersepsi
Pendidik mengingatkan kembali mengenai fungsi eksponen.
5.
Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
6.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh
(Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe
STAD)
KEGIATAN INTI
·
Pendidik memberikan review materi tentang fungsi
eksponen dan mengadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum
dimengerti.
·
Pendidik meminta peserta didik
menyiapkan kertas kosong dan peralatan
tulis secukupnya di atas meja karena akan diberikan ulangan.
·
Pendidik memberikan lembar soal.
·
Pendidik mengingatkan mengenai
waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengingatkan untuk mengerjakannya dengan
baik.
·
Guru mengumpulkan kertas ulangan
jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Penutup
Pendidik
mengingatkan peserta didik untuk
mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang fungsi eksponen.
|
Kegiatan awal
1. Peserta
didik berdo’a (Religius)
2. Peserta
didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
4. Apersepsi
Peserta didik mengingat kembali
mengenai fungsi eksponen.
5. Motivasi
Peserta didik
mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
6. Peserta
didik mendengarkan informasi yang diberikan pendidik.
·
Peserta didik menerima review
materi tentang fungsi eksponen dan
mengikuti sesi Tanya jawab tentang soal- soal yang belum dimengerti.
·
Peserta didik menyiapakan kertas
kosong dan peralatan tulis
secukupnya diatas meja karena akan mendapatkan ulangan
·
Peserta didik menerima lembar soal.
·
Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik tentang
waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengerjakannya dengan baik.
·
Peserta didik mengumpulkan kertas
ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Peserta
didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu eksponen.
|
10
menit
|
IX.
SUMBER
/ BAHAN PEMBELAJARAN
c. Sumber
:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika
Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal
63-66.
·
Buku referensi lain
d. Alat
dan bahan
- Laptop
- LCD
- OHP
X.
EVALUASI
Teknik :
ulangan harian
Bentuk instrument :pilihan ganda, uraian obyektif
Contoh instrument :
1.
Misal y =
x grafik f(x) akan memotong sumbu Y pada x =

a.
-∞
b.
-1
c.
0
d.
1
e.
2
2.
Arus Io ampere berkurang menjadi I
ampere setelah t detik menurut rumus I = I0 . (2,3)-kt . Tentukan konstanta k jika
arus 10 ampere berkurang menjadi 1 ampere dalam waktu 0,01 detik!
Mengetahui, Bukittinggi,
2 januari 2013
kepala sekolah pendidik
mata pelajaran
Nama Nama

Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
XI.
IDENTITAS
Satuan pendidikan : sekolah
Menengah Kejuruan
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas / program semester :XI/
program keahlian teknologi, kesehatan,
pertanian / 1
Jumlah pertemuan :3
pertemuan (6x 45’)
J.
Standar kompetensi
2. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi
kuadrat.
K.
Kompetensi dasar
2.1.Menerapkan
konsep fungsi logaritma.
L.
Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1.1. Menggambar grafik fungsi logaritma.
2.1.2. Menggunakan fungsi logaritma dalam pemecahan
masalah.
M.
Tujuan pembelajaran
Ø Kognitif
: setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat:
·
Peserta didik
dapat Menggambar grafik fungsi
logaritma.
·
Peserta didik dapat Menggunakan fungsi
logaritma dalam pemecahan masalah.
Ø Afektif
·
Kesungguhan dalam mengikuti proses
pembelajaran
·
Kerja sama dalam kelompok
·
Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu mengumpulkan tugas
N.
Metode pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD
XII.
MATERI
AJAR
A. Konsep
Secara umum fungsi logaritma
didefenisikan sebagai berikut:
f(x)
= alog x
untuk a > 1, a € R
B. Fakta
1. Nyatakan
persamaan berikut ke dalam bentuk logaritma yang ekuivalen.
a. 8
= 23
b. 4
= 22
Jawab :
a. 8
= 23 = 2log 8 = 3
b. 4
= 22 = 2log 4 = 2
XIII.
KEGITAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua (4 x 45 `)
Kegiatan
|
Waktu
|
|||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||
Kegiatan awal
12. Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
13. Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
14. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta
pendidik
15. Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
16.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh
(Pendekatan pembelajaran yang disgunakan adalah pembelajaran koperatif tipe
STAD)
Kegiatan inti
9.
Eksplorasi
·
Pendidik memberikan stimulus
berupa materi mengenai fungsi
logaritma
·
Pendidik membagi peserta didik menjadi
beberapa kelompok yang masing- masing kelompoknya terdiri dari 4 sampai
dengan 5 peserta didik yang kemampuannya akademiknya terdiri dari yang
berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
·
Pendidik membagikan bahan-bahan
diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap
kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk
didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam
kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu
siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam
kelompok belajar.
10.
Elaborasi
·
Pendidik meminta salah satu
kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan
kelas hasil diskusi mengenai fungsi
logaritma.
11.
Konfirmasi
· Pendidik
mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang
ditampilkan peserta didik di depan kelas.
·
Pendidik memberikan penguatan
atau pembenaran hasil diskusi dari
materi tentang menentukan persamaan
fungsi kuadrat jika diketahui grafik
atau unsur – unsurnya yang telah dikerjakan peserta didik didepan kelas.
12.
Penutup
·
Pendidik memberikan ringkasan dari
materi tentang mengenai fungsi
logaritma.
·
Pendidik memberikan beberapa soal
untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
|
Kegiatan awal
12.
Peserta didik berdo’a (Religius)
13.
Peserta didik memberikan respon
terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
14.
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh pendidik
15.
Motivasi
Peserta didik
mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
16.
Peserta didik mendengarkan
informasi yang diberikan pendidik.
Kegiatan inti
5. Eksplorasi
·
Peserta didik merespon stimulus
dari pendidik yang berupa mengenai fungsi logaritma
·
Peserta didik duduk sesuai
kelompok yang dibentuk oleh peserta didik
·
Peserta didik menerima bahan
diskusi yang diberikan oleh pendidik,
dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.
6. Elaborasi
·
Salah satu kelompok peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil
diskusi mengenai fungsi logaritma.
7. Konfirmasi
·
Peserta didik dan pendidik secara bersama – sama membahas
hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik .
·
Peserta didik mendengarkan
penguatan atau pembenaran yang
dijelaskan pendidik .
8.
·
Peserta didik mendengarkan
ringkasan yang diberikan pendidik
mengenai fungsi logaritma.
·
Peserta didik
menulis soal yang diberikan pendidik untuk tugas individu dirumah (pekerjaan
rumah).
|
2 x 10 menit
2 x 70 menit
|
Pertemuan ketiga (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
Kegiatan awal
6.
Pendidik mengarahkan peserta
didik untuk berdo’a (Religius)
7.
Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik (Kepedulian Sosial)
8. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta
pendidik
9.
Apersepsi
Pendidik
mengingatkan kembali mengenai mengenai
fungsi logaritma.
Kegiatan inti
·
Pendidik memberikan review materi mengenai fungsi
logaritma kemudian diadakan sesi tanya
jawab tentang soal-soal yang belum dimengerti.
·
Pendidik meminta peserta didik untuk menyiapkan
kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan
diberikan ulangan.
·
Pendidik memberikan lembar soal.
· Pendidik
mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengingatkan untuk
mengerjakannya dengan baik.
·
Guru mengumpulkan kertas ulangan
jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Penutup
·
Pendidik mengingatkan peserta didik untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu fungsi trigonometri
|
Kegiatan awal
6. Peserta
didik berdo’a (Religius
7. Peserta
didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
8. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
9. Apersepsi
Peserta didik Mengingat kembali
mengenai fungsi logaritma.
Kegiatan inti
·
Peserta didik menerima review
materi mengenai fungsi logaritma,
kemudian diadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum
dimengerti.
·
Peserta didik menyiapkan kertas
kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan
mendapatkan ulangan.
·
Peserta didik menerima lembar soal.
·
Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik tentang
waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengerjakannya dengan baik.
·
Peserta didik mengumpulkan kertas
ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Penutup
·
Peserta didik didingatkan pendidik untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu fungsi trigonometri
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
XIV.
SUMBER
/ BAHAN PEMBELAJARAN
e. Sumber
:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika
Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal
63-66.
·
Buku referensi lain
f. Alat
dan bahan
- Laptop
- LCD
- OHP
XV.
EVALUASI
Teknik :
ulangan harian
Bentuk instrument :pilihan ganda, uraian obyektif
XVI.
Contoh
instrument :
1.
Grafik fungsi y = 2log x berada diatas grafik fungsi y = 3log x
saat …
a. X>1
b. X>0
c. 0<x<1
2.
Jen menabung di bank sebesar Rp1.000.000,00
sebagai setoran awal. Bank tempat Jen menabung memberikan bunga 6% per tahun.
Berapa tahunkah waktu yang dibutuhkan agar tabungan Jen menjadi Rp2.000.000,00?
Mengetahui, Bukittinggi,
2 januari 2013
Kepala sekolah Pendidik
Mata Pelajaran


NIP NIP
Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
XVII. IDENTITAS
Satuan pendidikan : sekolah
Menengah Kejuruan
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas / program semester :XI/
program keahlian teknologi, kesehatan,
pertanian / 1
Jumlah pertemuan :3
pertemuan (7x 45’)
O.
Standar kompetensi
3. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi
kuadrat.
P.
Kompetensi dasar
3.1.
Menerapkan konsep fungsi trigonometri
Q.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.
Menggambar grafik fungsi trigonometri.
1.1.2. Menggunakan fungsi trigonometri dalam
pemecahan masalah.
D. Tujuan pembelajaran
·
Kognitif : setelah proses belajar
mengajar peserta didik dapat:
·
Peserta didik dapat Menggambar grafik fungsi trigonometri.
·
Peserta didik dapat Menggunakan fungsi trigonometri dalam
pemecahan masalah.
·
Afektif
·
Kesungguhan dalam mengikuti proses
pembelajaran
·
Kerja sama dalam kelompok
·
Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu mengumpulkan tugas
R.
Metode pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD
XVIII. MATERI AJAR
A. Konsep
1. Bentuk
dan nilai fungsi
Fungsi trigonometri memetakan bilangan
real x pada perbandingan trigonometrinya.
2. Grafik
fungsi trigonometri
Grafik fungsi dapat digambar dengan menggunakan
bantuan tabel atau lingkaran satuan.
B. Fakta
1. Gambarlah
grafik fungsi f(x) = sin x untuk 0≤x≤3600!
XIX.
KEGITAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua (5x45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||
Kegiatan awal
17. Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
18. Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
19. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik
20. Apersepsi
Pendidik mengingatkan kembali tentang materi trigonometri.
21. Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
22.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh
(Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe
STAD)
Kegiatan inti
13.
Eksplorasi
Pendidik memberikan stimulus berupa
materi mengenai fungsi trigonometri
·
Pendidik membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok yang masing- masing kelompoknya terdiri dari 4
sampai dengan 5 peserta didik yang kemampuannya akademiknya terdiri dari yang
berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
·
Pendidik membagikan bahan-bahan
diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap
kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk
didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam
kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu
siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam
kelompok belajar.
14.
Elaborasi
Pendidik meminta
salah satu kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan didepan kelas hasil diskusi
mengenai fungsi trigonometri
15.
Konfirmasi
· Pendidik
mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang
ditampilkan peserta didik di depan kelas.
Pendidik
memberikan penguatan atau pembenaran hasil diskusi dari materi mengenai fungsi trigonometri
16.
Penutup
·
Pendidik memberikan ringkasan
dari materi mengenai fungsi trigonometri
·
Pendidik memberikan beberapa soal
untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
|
Kegiatan awal
17.
Peserta didik berdo’a (Religius)
18.
Peserta didik memberikan respon
terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
19.
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh pendidik
20.
Apersepsi
Peserta didik
mengingat kembali pelajaran tentang trigonometri.
21.
Motivasi
Peserta didik
mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
22.
Peserta didik mendengarkan
informasi yang diberikan pendidik.
Kegiatan inti
9. Eksplorasi
·
Peserta didik merespon stimulus
dari pendidik yang berupa materi mengenai fungsi trigonometri
·
Peserta didik duduk sesuai
kelompok yang dibentuk oleh peserta didik
·
Peserta didik menerima bahan
diskusi yang diberikan oleh pendidik,
dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.
10. Elaborasi
Salah
satu kelompok peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan kedepan kelas hasil diskusi mengenai fungsi trigonometri
11. Konfirmasi
·
Peserta didik dan pendidik secara bersama – sama membahas
hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik .
·
Peserta didik mendengarkan
penguatan atau pembenaran yang
dijelaskan pendidik .
12.
·
Peserta didik mendengarkan
ringkasan yang diberikan pendidik mengenai
fungsi trigonometri
.
·
Peserta didik menulis soal yang diberikan
pendidik untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
|
2x15 menit
3x55 menit
|
Pertemuan ketiga (2x45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
Kegiatan awal
10.
Pendidik mengarahkan peserta
didik untuk berdo’a (Religius)
11.
Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik (Kepedulian Sosial)
12. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik
13.
Apersepsi
Pendidik
mengingatkan kembali mengenai fungsi
trigonometri
Kegiatan inti
·
Pendidik memberikan review materi tentang fungsi
trigonometri, kemudian diadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum
dimengerti.
·
Pendidik meminta peserta didik untuk menyiapkan
kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan
diberikan ulangan.
·
Pendidik memberikan lembar soal.
· Pendidik
mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengingatkan untuk
mengerjakannya dengan baik.
·
Guru mengumpulkan kertas ulangan
jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Penutup
·
Pendidik mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu
fungsi barisan dan deret.
|
Kegiatan awal
10. Peserta
didik berdo’a (Religius
11. Peserta
didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
12. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
13. Apersepsi
Peserta didik Mengingat kembali
mengenai fungsi trigonometri
Kegiatan inti
·
Peserta didik menerima review
materi tentang fungsi trigonometri ,
kemudian diadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum
dimengerti.
·
Peserta didik menyiapkan kertas
kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan mendapatkan ulangan.
·
Peserta didik menerima lembar soal.
·
Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik tentang
waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengerjakannya dengan baik.
·
Peserta didik mengumpulkan kertas
ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Penutup
·
Peserta didik diingatkan untuk
mempelajari materi berikutnya, yaitu fungsi barisan dan deret.
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
XX.
SUMBER
/ BAHAN PEMBELAJARAN
g. Sumber
:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika
Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal
63-66.
·
Buku referensi lain
h. Alat
dan bahan
- Laptop
- LCD
-
OHP
XXI.
EVALUASI
Teknik :
ulangan harian
Bentuk instrument :pilihan ganda, uraian obyektif
Contoh instrument :
1. Persamaan kurva di bawah ini adalah
.... (3,14=
= 1800 )


a. y = sin 4x
b. y = 4 sin x
c. y =
sin x

d. y = sin x + 4
e. y = sin x – 4
2.
Gambarkan grafik y = sin x dan y =
cos (900), 00≤x≤900 . Kesimpulan apa yang
kamu peroleh dari kedua grafik tersebut?
Mengetahui, Bukittinggi,
2 januari 2013
Kepala Sekolah Pendidik
Mata Pelajaran


NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar